Jumat, 17 Juli 2020

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia Di Kuil Padmanabhaswamy

Di dunia ada ternyata ada kuil yang menyimpan misteri harta karun terbesar yang tak ternilai harganya, terlebih emas. Uniknya, kuil ini menyimpan peninggalan pemimpin besar ataupun harta kerajaan kuno lain. Diantaranya tali emas, koin Napoleon, perhiasan Venesia, ikat pinggang berlian, zamrud sebesar telur burung unta, dan berbagai bentuk emas lainnya. Emas yang diuraikan ini hanya sebagian kecil dari harta karun yang disembunyikan didalam Kuil Padmanabhaswamy.


Misteri Harta Karun Terbesar Dunia

Kuil Padmanabhaswamy adalah kuil Hindu yang terletak di Thiruvananthapuram, Kerala, India. Kuil ini didedikasikan untuk Dewa Wisnu, yang digambarkan berada dalam keadaan bersandar pada tubuh ular berkepala lima, Adisheshan. Arsitekturnya merupakan perpaduan dari gaya Kerala lokal dan Darvidia yang biasa ditemukan di Tamil Nadu. Tetapi kuil ini terdapat sesuatu yang menarik, disana terdapat pintu tertutup misterius.

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia

Tidak jelas kapan kuil ini pertama kali dibangun, referensi tertua tertulis dalam literatur Tamil kuno pada awal abad ke 6 Masehi. Dalam catatan seorang penyair abad ke-9 bernama Nammalwar menuliskan bahwa kuil dan kota itu dibangun dari tembok yang seluruhnya terbuat dari emas murni. Kemudian selama abad ke-18, kuil ini telah mengalami beberapa renovasi.

Untuk keperluan dokumentasi, ruangan rahasia ini telah dilabeli dengan nama Kallara atau Vault A, B, C, D, E, dan F. Selanjutnya ditemukan lagi, dua ruang kubah bawah tanah dengan nama Kallara G dan H. Ruang rahasia Kallara B belum dibuka selama berabad-abad. Mahkamah Agung menunjuk anggota komite membuka pintu logam ruangan ini dan menemukan pintu kayu kokoh di belakangnya. Mereka membuka pintu ini juga, dan menemukan pintu ketiga yang terbuat dari besi. Tetapi pintu terakhir di ruang B ternyata macet. Karena pengamat menganggapnya tidak pantas mendobraknya, mereka menyewa tukang kunci. Tetapi sebelum tukang kunci datang, keluarga kerajaan mendapat perintah dari Mahkamah Agung untuk tidak membuka pintu terakhir ruang B.

Baca juga: Pulau Misterius Antillia Hilang Di Segitiga Bermuda

Seluruh ruangan rahasia ini telah dibuka, hanya tinggal satu yaitu Kallara B. Selama beberapa tahun terakhir, ruangan-ruangan ini telah dibuka setidaknya delapan kali setiap tahun. Benda-benda yang disimpan di dalamnya secara rutin digunakan pada acara-acara seremonial khusus seperti festival kuil. Kemudian disimpan kembali setelah selesai digunakan. Berikut daftar harta yang tercatat:

  1. Patung Mahavishnu setinggi 1,2 m terbuat dari emas murni penuh dengan berlian dan batu mulia lainnya.
  2. Singgasana emas murni bertatahkan ratusan berlian dan batu mulia.
  3. Pakaian seremonial untuk menghiasi dewa dalam bentuk anki emas 16 bagian dengan berat hampir 30 kilogram.
  4. Rantai emas murni sepanjang 5,5 m
  5. Seikat emas murni dengan berat 500 kilogram
  6. Cadar emas 36 kilogram
  7. 1200 'Sarappalli' rantai koin emas murni bertatahkan batu permata dengan berat antara 3,5 kg dan 10,5 kg
  8. Beberapa karung berisi artefak emas, kalung, berlian, rubi, safir, zamrud, batu permata, dan benda-benda yang terbuat dari logam mulia lainnya
  9. Tempurung kelapa emas bertatahkan batu rubi dan zamrud
  10. Koin era Napoleon abad ke-18
  11. Ratusan ribu koin emas Kekaisaran Romawi
  12. Penumpukan koin emas 800 kilogram yang berasal dari sekitar tahun 200 SM
  13. Ratusan kursi emas murni, Ribuan pot emas, koin emas 600 kg dari periode abad pertengahan

Data itu diperoleh saat pembukaan pintu tahun 2011. Dan menurut sebuah laporan tahun 1930, ruang Kallara A,C,D,E,dan F disebutkan ruangan itu hampir penuh dengan tumpukan emas dan koin perak.

Misteri Harta Karun Terbesar Dunia selengkapnya bisa dilihat dalam video youtube berikut ini: https://youtu.be/nMx52eKqyiY



Darimana sumber harta berharga tak ternilai ini? Barang-barang berharga itu terakumulasi di kuil selama beberapa ribu tahun. Diantaranya disumbangkan ke kuil dan disimpan oleh berbagai Dinasti, seperti Cheras, Pandyas, Keluarga Kerajaan Travancore, Kolathiris, Pallavas, Chola dan Raja-raja lainnya dalam sejarah India Selatan. Selain itu ada pula simpanan dari para penguasa dan pedagang Mesopotamia, Yerusalem, Yunani, Roma, dan kekuatan kolonial Eropa. Dalam beberapa Teks Hindu yang masih ada, literatur Sangam menyebutkan harta ini sudah ada sejak tahun 500 SM, mereka menyebutnya "Kuil Emas" karena kekayaannya yang tak terbayangkan.

Baca juga: Krishna Butter Ball, Mentega Yang Berubah Jadi Batu Raksasa

Selain itu harta ini juga berasal dari emas yang ditambang dan didulang di sungai selama ribuan tahun. Wilayah Malabar sempat menjadi pusat perdagangan sejak Periode Sumeria, mulai dari Vizhinjam di Selatan hingga Mangalore di Utara. Saat invasi Mysore, keluarga kerajaan Kolathiris berlindung di Thiruvananthapuram dan menyimpannya kekayaannya di kuil itu. Harta-harta ratusan kuil di wilayah Kerala, dipindahkan ke kuil ini. Dari tahun 1766 hingga 1792, Travancore memberikan perlindungan kepada penguasa Hindu lainnya yang telah melarikan diri dari negara mereka di sepanjang Pantai Malabar. Mereka datang dengan barang berharga dan menyumbangkannya ke kuil itu.

Ada lebih dari 3000 ikat daun Cadjan berupa catatan Archaic Malayalam dan proto dravidian. Masing-masing bungkusan terdiri dari seratus ribu daun yang menjelaskan sumbangan emas dan batu-batu berharga untuk kuil selama ribuan tahun. Sebagian besar catatan ini belum dipelajari, artinya seluruh dunia pernah meletakkan harta berharga ditempat ini.

Misteri Ruang Rahasia Kallara B

Menurut legenda, ternyata untuk mengambil harta karun didalam ruang Vault B harus menantang maut. Kuil dibangun dengan pintu gerbang besi yang terkunci dan hanya bisa terbuka oleh orang tertentu. Ruangan yang ada pada candi ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan harta karun. Setidaknya ada 6 ruang serupa di kuil ini, tetapi 5 pintu sudah dibuka dan hanya tersisa satu. Pintu tertutup yang diduga menyimpan harta karun lebih besar dari ruangan lainnya. Tetapi sejauh ini tidak ada yang berani membuka ruangan itu. Menurut mitos, siapapun yang berani membuka ruangan itu akan mendapatkan bencana besar.

Baca juga: Fakta Spanyol Menjajah Amerika Sangat Mengerikan

Selama bertahun-tahun, banyak legenda yang menceritakan ruang misterius ini. Salah satunya menceritakan bahwa pintu besi itu disegel dengan mantra ajaib, akan terbuka melalui syair dengan gelombang suara tertentu, tetapi syair ini telah menghilang dan tak ada yang menemukannya. Dan hanya orang suci melantunkan syair ini yang mampu membuka pintu tersebut.

Menurut legenda, para Sage yang mengabdi kepada Dewa Balarama mengunjungi-Nya di tepi Padmateertham. Mereka memohon kepada-Nya agar mereka diizinkan tinggal disana untuk menyembah Tuhan. Balarama mengabulkan, dipercayai bahwa para Deva dan Sage ini tinggal di Kallara B. Mitosnya, Naga Devathas yang mengabdi kepada Tuhan juga tinggal disana. Kanjirottu Yakshi, Ugra Narasimha, mistisnya juga melindungi Kallara B. Ada gambar ular di Kallara B yang menunjukkan bahaya bagi siapa saja yang membukanya. Oleh sebab itu Kallara B sebagai "zona terlarang".

Baca juga: Sejarah Islam Di Spanyol Sejak Ratu Isabella Berkuasa

Pada tahun 1933, Emily Gilchrist Hatch menerbitkan sebuah buku berjudul 'Travancore: A Guide Book for the Visitor'. Dia menceritakan bahwa pada tahun 1931, sekelompok orang mencoba memasuki ruang rahasia itu dengan membawa obor. Tetapi ruangan itu dipenuhi kobra, dan mereka melarikan diri keluar dari ruangan. Banyak orang berusaha memasuki ruang rahasia ini karena mereka berspekulasi bahwa disana terdapat tumpukan harta karun tak ternilai. Kira-kira nilainya lebih dari 700 miliar dolar AS untuk satu ruangan. Tetapi ada pula sebagian orang yang meyakini, bahwa pintu itu tidak boleh dibuka agar dunia tidak dilanda bencana besar yang akan mengakhiri kehidupan.

Referensi

  • To Whom Does Temple Wealth Belong? A Historical Essay on Landed Property in Travancore. By Ganesh, Review of Agrarian Studies, 27 November 2015.
  • Travancore: A Guide Book for the Visitor. By Emily Gilchrist Hatch 1933.
  • The Secret Chamber: A Historical, Anthropological & Philosophical Study of the Kodungallur Temple. By Induchudan, 1969. 
  • The Golden Tower: A Historical Study of The Tirukkulasekharapuram and Other Temples. By Induchudan, 1969. 
  • A One Trillion Dollar Hidden Treasure Chamber is Discovered at India's Sree Padmanabhaswamy Temple. Jim Dobson, publish by Forbes Nov 13, 2015.
Download GTA San Andreas Mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar